YAKIN KAMU ORANG YANG PRODUKTIF? ATAU HANYA ORANG YANG SIBUK?

YAKIN KAMU ORANG YANG PRODUKTIF? ATAU HANYA ORANG YANG SIBUK?

Di masa pandemi gini beberapa hal kayaknya susah untuk ngatur waktu. Soanya semua dikerjaan dirumah. Jadi ya semuanya kayak pekerjaan entah tugas kuliah atau bahkan kerjaan rumah tangga dikerjakan di satu tempat yang sama. Atau kadang menjalani hidup itu Cuma bangun tidur sampai tidur lagi, jadi kerja terus sampai lupa makan, kurang tidur atau bahkan merem mata sebentar habis seharian natap layer pun ga sempet. Sibuk sih, tapi emang iya kesibukan tersebut juga bagian dari produktif? Kok kayaknya malah jadi capek saja dan tidak berkembang.

Sebetulnya sibuk itu produktif juga ga sih? Atau gmna?

Pertama-tama tak kasih tau kalau sibuk sama produktif itu dua hal yang beda, jadi penting banget buat kalian semua biar tau perbedaan yang sibuk dan yang produktif. Sebenernya tidak ada definisi yang asli dan pasti dari keduanya. Tapi yang kita tangkep dari temen-temen bolongopi sibuk itu terjadi Ketika kamu menargetkan segala sesuatu tapi tidak terarah, karena tidak terarah hal ini bikin kamu tidak merasakan sens of progress. Jadi Cuma dapat capeknya saja.

Lain ceritanya soal produktif, pekerjaan kamu lebih terarah karena kamu fokus pada target yang ingin kamu raih di hari itu atau apa yang perlu kamu kerjakan dihari itu. Karena ada target dan tujuan yang sudah kamu tetapkan. Kamu akan merasakan in progress dihari itu bagaimana dan hasilnya sudah sesuai atau belum. Tentunya hal ini akan lebh membuatmu sehat secara mental juga.

Lalu bagaimana jika ternyata kegiatan kita sehari-hari lebih masuknya ke sibuk daripada ke produktif? Tenang kamu bisa merubah kesibukanmu menjadi produktif. Untuk merubah kesibukan jadi produktif, kamu harus tau tentang hal berikut:

  1. Kamu perlu sadar dulu sama apa saja yang akan kamu kerjakan hari ini. Misalnya, kamu ingin mengerjakan tugas kuliah, maka kamu harus tentukan dulu akan mengerjakan berapa hal dulu hari ini atau jika belum selesai akan dilanjutkannya besok. Dengan kamu menentukan sendiri, kamu jadi tahu gambaran bagaimana mengerjakan lebih jelas dan terarah.
  2. Buat prioritas pada hal yang kamu lakukan. Ini relate banget jika kamu sering melakukan multitasking.  Katika kita lagi stress biasanya kita suka merasa semua hal yang harus kita kerjakan penting dan urgent. Padahal ada beberapa hal yang bisa kamu prioritaskan dan ada beberapa yang juga entaran saja.
  3. Coba kurangi multitasking atau mengerjakan beberapa hal dalam waktu bersamaan. Manusia pada dasarnya multitasker yang buruk, waktu kita mengerjakan dua hal secara bersamaan, kemamupan konsentrasi dan fokus jadi berkurang simpelnya karena fokusnya terpecah. Nah, ini menjadikan kamu setengah setengah dalam mengerjakan hal dan tidak optimal.

Coba deh praktekan 3 cara diatas, agar kamu lebih produktif dari sekarang. Emang sih, merubah kebiasaan itu tidak mudah dan perlu proses. Cuman proses tidak berjalan ketika kita tidak memulai. Ok thanks