Tidak ada warna Kulit Hitam dan Putih di Indonesia !

Tidak ada warna Kulit Hitam dan Putih di Indonesia !

Macam-macam warna kulit biasanya tergantung dengan beragam suku, ras, serta budaya. Orang Jawa, biasanya mempunyai warna kulit sawo matang, untuk orang Sumatera dan juga Kalimantan umumnya mempunyai warna beige.

Akan tetapi, secara keseluruhan tidak semua orang Indonesia mempunyai kulit yang sama. Terdapat beberapa jenis warna kulit yang pada umumnya.

Pasalnya, hingga saat ini masih banyak sekali terjadi salah paham mengenai tipe dan warna kulit. Selama ini kebanyakan orang menganggap hanya ada dua tipe kulit, yaitu hitam dan putih.

Padahal kenyataannya, menurut skala Fitzpatrick, kulit orang Indonesia masuk dalam tipe 3 dan 4. Tidak benar-benar putih dan tidak juga hitam, melainkan beige dengan undertone keemasan, serta cokelat. Hal ini juga dibenarkan oleh dr. Haekal Anshari M. Biomed.

Saya sendiri sebagai orang berkulit coklat merasa di dzolimi karna banyak yang menyebut saya berkulit hitam. Padahal kalau ditinjau dari pewarnaan di software photoshop misalkan kulit say aini bukan termasuk dalam kategori hitam.

Berikut saya lampirkan kode warna dalam software photoshop :

#904c37

Untuk yang pertama ini, yang saya bagikan adalah palet warna untuk kulit atau dalam Bahasa inggris nya skin tones. Kode #904c37 merupakan kode untuk warna kulit coklat.

#b97756

Sedangkan kode ini merupakan kode untuk warna kulit coklat kemudaan, letaknya sekitar 45 derajat mendekati warna putih.

#dc926f

Berbeda lagi dengan kode warna #dc926f ini, condong ke warna merah muda dan hampir mendekati dengan warna putih. Bisa dikatakan ini Namanya coklat muda.

#dc9b74

Warna ini cenderung digunakan untuk membuat varian marna gold ketika membuat gradient pada pewarnaan. Sehingga orang mengatan ini warna emas tua. Letaknya 25 derajat dari warna putih.

#e5a17c

Kode ini juga belum bisa dikatan warna putih pasalnya masih jauh jaraknya dengan warna putih ketika dilihat darin skin tones. Jaraknya masih 18 derajat dengan warna putih.

#f6d1bf

Untuk warna yang terakhir ini, bisa dikatakan warna beige hampir mendekati warna putih jaraknya 8 derajat. Hal ini membuktikan bahwa warna kulit orang Indonesia bukanlah warna kulit putih melainkan mendekati putih.

Kesimpulnnya, sudahlah jangan terlalu rasis terhadap warna kulit. Toh warna kulit juga bukan menjadi patokan ia layak masuk surga atau nerakan bukan. Apa memang orang Indonesia mulai belajar dengan amerika yang membedakan kasta social antara kulit hitam dan kulit putih ?.

Penulis : Irgi Nur Fadil