Spesies Mantan di Muka Bumi

Spesies Mantan di Muka Bumi
di suatu hari tanpa sengaja, kamu harus menerima nasib. Bahwa cinta yang sangat kamu banggakan itu harus berakhir. Iya. Harus berakhir begitu saja dan kamu hancur seperti uang keping.

Putus cinta sesungguhnya bukan perkara menghapus foto dan status saja, tapi juga tentang menghapus harapan pada pihak yang dulu dicintai setengah mati. Sialnya, itu sulit.

Segala hal yang sifatnya pertama, biasanya terasa lebih berkesan. Misalnya saja, pacaran untuk pertama kalinya. Sosok pacar yang hadir untuk pertama kali dalam hidup dan seringkali dirasa sebagai cinta yang tidak akan berakhir ini, seperti akan selalu ada bersamamu hingga akhir usia.

Wajar sih kalau kamu ngerasa seperti ini. Bagaimana pun juga, kamu belum pernah merasakan perasaan itu. Sehingga kamu menganggap dia adalah cinta sejatimu dan tidak akan ada pacar kedua dan ketiga dalam hidupmu.

Sayangnya, di suatu hari tanpa sengaja, kamu harus menerima nasib. Bahwa cinta yang sangat kamu banggakan itu harus berakhir. Iya. Harus berakhir begitu saja dan kamu hancur seperti uang keping.

Pada akhirnya semua orang akan menyapakati bahwa putus cinta itu adalah hal yang menyedihkan. Apalagi panggilan yang semula sayang akan berubah menjadi mantan. Iya mantan adalah sebutan untukmu maupun untuk bekas pacarmu.

Dan hampir semua orang di dunia ini punya mantan. Mantan ustaz, mantan preman, mantan teman, dan lain sebagainya. Pokoknya sesuatu yang telah menjadi bekas itu bisa disebut mantan. Saya sendiri, tentu  juga seorang mantan. Mantan pacar.

Mungkin beginilah hidup, semakin dewasa adalah perkara berdamai dengan kehilangan satu dan kehilangan lainnya. Dan hidup mesti berlanjut.  Untuk kamu yang baru saja putus cinta, berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui spesies mantan di dunia :

Mantan tapi Masih Temenan Baik

Ada dua skenario yang mungkin terjadi setelah sebuah hubungan diakhiri. Pertama, kedua belah pihak tak lagi saling berhubungan. Atau kedua, salah satu pihak meminta untuk tetap berteman.

Tapi mungkin kita memang tidak pernah (ber)siap dengan perpisahan. Lalu ketika dia benar-benar memutuskan pergi, kita lantas membenci.

Terkadang kita tetap menjalin persaudaraan dengannya. Siapa tahu bisa menariknya untuk kembali bersama. Kita jadi sangsi, apakah hubungan ini benar-benar persaudaraan atas dasar ingin bersama meskipun tak lagi sejalan, atau ada maksud-maksud lain di baliknya.

Terkesan modus sih, tapi mau dikata apa. Move on memang sulit, kak.

Mantan yang Saling Membenci

Berlawanan dari spesies yang sebelumnya tipe yang ini, memang setelah putus langsung ambyar tak pernah saling menyapa bahkan semua media sosial di block. Bahkan secera cepat pasangan bisa cepat melupakan dan cepat pula dapat gantinya.

Entah apa yang terjadi di hubungan kalian, mungkin sakit hati yang sudah terlalu dalam sampai ilfeel.

Mantan yang Rumah Tangganya Tidak Baik-baik Saja

Jika kamu bukan orang yang punya mantan dari spesies ini, berarti kita sama. Tetapi saya punya cerita dari teman yang mantannya sudah berumah tangga dan keadaannya tidak baik-baik saja.

Ternyata eh ternyata, mantan yang rumah tangganya tidak baik-baik saja ini sangat lebih berbahaya. Lebih berpotensi untuk diajak balikan daripada mantan yang sekadar menawan setelah diputuskan. Padahal, teman saya itu dulunya adalah korban janji yang kemudian ditinggal rabi. Tragis kan.

Pelajaran yang dapat kita ambil adalah, batasi hubungan dengan mantan yang sudah berumah tangga, apalagi yang rumah tangganya tidak baik-baik saja.

Sebab mau bagaimanapun juga peluang balikan dengan mantan model begitu tetap ada. Jangan sampai kita terjerumus pada konflik rumah tangga mantan. Sungguh, konflik semacam ini akan memicu resah berkepanjangan.

Mantan tiba-tiba ngechat, Kangen

Ternyata yang wajib di waspadai saat ini bukan hanya wabah penyakit Covid-19 saja. Namun, bahaya terpendam dari mantan yang susah move on.

Kamu juga harus memperhatikan lebih lanjut biar kamu bisa bedakan mana mantan yang memang berminat buat ngajakin balikan atau mantan yang sekedar nanyain kabar.

Jangan PD dulu, karna nggak bisa dipungkiri jika dalam sebuah hubungan pacaran pasti diawali dengan rasa kasih sayang, meskipun perasaan itu bisa luntur ketika ucapan perpisahan datang. Tapi, putus dengan mantan bukan berarti tidak menyisakan perasaan sayang antara kamu dan dia. Bisa jadi, mantanmu masih memiliki perasaan itu meskipun hanya seujung kuku.

Dari ujung kuku itulah yang menguatkan mantanmu untuk ngechat bilang “kangen”.

Mantan Pacar yang di Nikahin

Setelah hubungan berakhir tentu banyak hal yang kita lalui, bahkan ada pula yang langsung dapat pacar baru. Ada juga yang dua tahun nggak pacar-pacaran lantaran belum bisa move on dengan mantannya.

Sungguh indah memang perjalanan menuju hal yang kita impi-impikan itu, setelah melalui naik turunnya perjalanan pacaran, dan berujung pada pelaminan. Dan kita nggak pernah menyangka sebelumnya setelah perpisahan yang begitu lama. Akhirnya kini mantan pacar bukan lagi mantan tapi sudah sah menjadi pendamping hidupmu.