Pelecehan Sekual Bisa Terjadi Kapanpun dan Dimanapun

Pelecehan Sekual Bisa Terjadi Kapanpun dan Dimanapun

Pelecehan seksual seperti selalu menjadi topik hangat yang diperbincangkan di masyarakat. Tapi meskipun sudah sering diperbincangkan, ternyata masih banyak masyarakat yang belum betul-betul memahami tentang berbagai bentuk pelecehan seksual. Padahal pelecehan seksual sendiri hampir setiap hari  bisa ditemukan dan mungkin ada di sekitar kita.

Ketidaktahuan tentang bentuk-bentuk pelecehan seksual akhirnya membuat banyak orang tanpa sengaja menjadi pelaku pelecehan seksual. Tidak hanya pelaku saja, banyak juga individu yang tidak sadar bahwa dirinya sedang menjadi korban. Apa sebenarnya pelecehan seksual itu? Apa saja yang termasuk ke dalam tindakan pelecehan seksual? Apa saja yang termasuk kedalam Jenis tindakan Pelecehan Seksual? Bagaimana cara menghadapi pelecehan seksual?

Apa Itu Pelecehan Seksual?

Menurut Komnas Perempuan, pelecehan seksual merupakan salah satu dari 15 jenis kekerasan seksual. Pelecehan seksual adalah tindakan seksual melalui sentuhan fisik atau non-fisik dengan sasaran organ seksual atau seksualitasi dari korban.

Pelecehan seksual bisa terjadi pada siapa saja tanpa melihat gender dan juga usia. Berbagai data memang menunjukkan kasus pelecehan seksual dengan korban wanita dan pelaku pria memang lebih banyak, tetapi pada dasarnya pria juga bisa menjadi korban pelecehan seksual.

Jenis Pelecehan Seksual

Pelecehan memiliki berbagai macam bentuk. Salah satu yang paling meresahkan adalah pemerkosaan. Tetapi ternyata bentuk pelecehan bermacam-macam dan bukan hanya pemerkosaan saja. Jika dibedakan berbadasarkan kategorinya, berikut 5 jenis pelecehan seksual:

Perilaku menggoda

Perilalu menggoda adalah semua perilaku yang menjurus pada aktivitas seksual yang menyinggung atau memaksa. Perilaku yang termasuk dalam perilaku ini bisa termasuk ajakan melakukan hubungan seksual, paksaan untuk kencan, hingga teror melalui pesan singkat, telepon, atau media lainnya secara berulang-ulang.

Penyuapan seksual

Penyuapan seksual adalah ajakan atau permintaan aktivitas seksual yang dibarengi dengan iming-iming imbalan pada korban. Perilaku pelecehan seksual yang satu ini biasanya dilakukan secara terang-terangan oleh pelaku pada korban. Kategori pelecehan seksual jenis ini biasanya banyak juga terjadi pada anak-anak.

Pemaksaan seksual

Pemaksaan seksual adalah pemaksaan aktivitas seksual yang dibarengi degan ancaman. Jenis pelecehan kategori ini bisanya terjadi di lingkungan tertentu seperti lingkungan kerja atau lingkungan lainnya di mana pelaku memiliki kekuasaan di atas korban.

Pelanggaran seksual

Pelanggaran seksual bisa juga disebut dengan penyerangan seksual. Pelanggaran seksual meliputi tindakan sepeti menyentuh, merasakan, dan meraih tubuh korban secara paksa.

Pelecehan gender

Pelecehan gender adalah perilaku atau pernyataan bersifat seksis yang menghina atau merendahkan gender tertentu. Beberapa perilaku yang masuk ke dalam jenis pelecehan ini antara lain seperti humor seks, lelucon seks, hingga gambar dan tulisan yang merendahkan gender tertentu.

Sedangkan jika dilihat dari jenis tindakannya, menunjukkan gambar, tanda atau cerita seksual, berbicara tentang kegiatan seksual diri sendiri kepada orang lain, menyentuh diri sendiri di depan orang lain, penyebaran rumor tentang aktivitas seksual orang lain, candaan berbau seksual, isyarat seksual, gambar seksual, sentuhan seksual dan ajakan seksual.

Ah, semoga adik-adik saya baik laki-laki pun perempuan tidak akan mendapat sebuah tatanan sosial yang diskriminatif di masa depannya. Amiin.

Penulis : Rizkya Rifda Hidayat (Mahasiswa Universitas Tarumanegara)