Neng Eem Marhamah Menginginkan Pendamping Desa Bisa Meningkatkan Kualitas Desa

Neng Eem Marhamah Menginginkan Pendamping Desa Bisa Meningkatkan Kualitas Desa
Neng Eem Marhamah saat memberikan materi diskusi publik optimalisasi peran pendamping desa dan bedah buku belajar bersama desa di Fraksi PKB.

(JAKARTA) Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz menjadi pemateri dalam diskusi publik optimalisasi peran pendamping desa dan bedah buku belajar bersama desa, (30/1).

Saat Neng Eem memberikan materi diskusi publim tersebut ia mengatakan pendamping desa mempunyai peran besar bagi desa meningkatkan kualitas hidup melalui pemenuhan kebutuhan dasar, mengurangi kemiskinan dan ketimpangan sosial.

“Pendamping desa mempunyai peran sebagai penasehat kelompok, trainer participatoris, dan link person bagi masyarakat desa,” ungkapnya.

Neng Eem melanjutkan, sebagai penasehat kelompok, pendamping desa harus senantiasa meningkatkan kapasitas dirinya agar mampu memberikan nasehat atau masukan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Masih menurut Neng Eem peran pendamping desa sebagai trainer participatoris, pendamping desa harus mampu menjadi pelatih dan juga fasilitator, yang tidak hanya memiliki pengetahuan dan pendidikan yang cukup, tetapi mampu berkomunikasi dan menyerap maksud dan keinginan yang disampaikan masyarakat desa.

Yang ketiga sebagai link person, pendamping desa harus memiliki jaringan yang luas sehingga setiap persoalan yang disampaikan masyarakat mampu diselesaikan dengan baik dengan bantuan dari jaringan yang dimiliki pendamping desa.

Selain itu, pendampingan desa harus dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip spasial lokal, berkelompok, keberlanjutan, kemandirian, kesatuan keluarga, dan belajar menemukan sendiri. Prinsip-prinsip tersebut harus dijabarkan dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat desa setempat.

“Dengan memahami struktur, kondisi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat desa, maka para pendamping desa dapat melakukan penyesuaian terhadap berbagai program yang dibahas bersama masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Irgi Nur Fadil