Negri ngeri dan segala hikmah 2020

Negri ngeri dan segala hikmah 2020

Sejak tahun  2019  kesehatan dunia terguncang  dengan adanya virus corona atau covid-19 yang menyebar secara cepat ke seluruh dunia. Salah satunya negara yang terkena virus ini adalah negara  Indoneisa. Kemunculan virus corona  yang berasal dari wuhan, china membuat geger seluruh masyarakat di setiap desa,kota, bahkan negara . Pada bulan maret 2020 Virus corona atau covid-19   menyebar ke Indonesia dengan sangat cepat menyerang banayk orang ,  baik dia  yang sembuh, tertular, atau pun meninggal . Wabah virus corona menyebabkan negara di muka bumi melakukan Lockdown dengan caea  menutup  dan menghentikan seluruh kegiatan baik itu bekerja,belajar  bermain dan bahkan berkumpul bersama orang yang kita sayangi.

 

 Virus corona menghambat seluruh aktifitas masyarakat,  banyak hal terjadi setelah wabah ini menyebar keseluruh dunia. Dengan cara melockdown negara menutup segala kegiatan  pemerintah berupaya keras agar negara dapat pulih dan normal kembal.i Melalui lockdown ini pemerintah berharap   dapat membatasi pergerakan seluruh masyarakat dan mengurangi resiko tinggi untuk  terkena virus covid-19.

Sejak Covid-19 masuk ke negara indonesia, virus tersebut  memberi dampak yang sangat  buruk dan sangat serius.  Para pekerja,  para pelajar, dan  para pengajar  terpaksa harus menghentikan segala kegiatannya,  untuk mengurangi penularan covid secara berkala. Bagi negara  yang mengalami lockdown hal ini ternyata  membuat sejumlah  orang-orang mengalami penurunan perekonomian secara drrastis. Hal ini di karenakan banyak pekerja yang di PHK  dengan alasan agar dapat  mengurangi penularan covid-19,  banyak toko yang tutup dan  membuat para pekerja dlibur hingga ber minggu-minggu bahkan berbulan adapun yang tak kunjung bekerja ketempat semula hal ini di karenakan tingkat penularan virus covid-19 terus melonjak. Para siswa siswi TK/TKA,SD/MI,SMP/Mts dan SMA/MA, Mahasiswa  dan para pengajar terpaksa di liburkan selama 15 hari karna covid terus meningkat maka hal ini bertujuan  untuk mencegah penularan covid-19 kepada para pelajar dan pengajar.  

Nadiem Makarim selaku mentri pendidikan angkat suara dengann menetapkan kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan cara daring/ online hal ini bertujuan agar terhindar dari virus covid-19 namun tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar  secara biasa melalui internet. kegiatan belajar secara online ini  menggunakan aplikasi ZOOM, Google Meet, dan aplikasi lainnya. Metode ini di lakukan dengan pengharapan agar  para pelajar tetap dapat melakukan kegiataan belajarnya, dan para pengajar tetap bisa mentransfer ilmu-ilmunya  melalui ZOOM.  Pengajar dan pelajar tetap dapat bertatap muka walau tidak dengan cara yang langsung, selain pelajar adapun zoom ini dilakukanseperti rapat kantor,rapat mentri dan rapat penting lainnya.

Virus covid-19 selain menghambat kegiatan, belajar,bekerja dan bermain virus covid membuat  perekonomian mengalami  penurun setiap harinya. Pemerintah memeberi bantuan sosial atau  BANSOS yang diberikan oleh  presiden jokowi dodo. Namun ternyata hal itu hanya membantu sekejap karna ada sebagian warga yang tidak menerima bantuan sosial itu dan bansos pun keluar pada saat waktu yang telah di tetapkan, Selain perekonomian  para pelajar juga  mereka mengalami hal yang sama berupa  gangguan jaringan dan  minimnya kuota internet  membuat kegiatan belajar mengajar secara online terhambat. Untuk membantu pelajar mengajar tetap berjalan dengan baik maka nadiem mengeluarkan kebijakan dengan  memberikan kuota gratis sebanayk 30 GB untuk 30 Hari kepada para pelajar dan pengajar.  Namun, tetap saja bantuan inipun hanya bertahan sebentar karena tidak seluruh pelajar dan pengajar mendapatkan kuota gratis yang diberikan oleh mentri pendidikan adapun kuota ini di keluarkan secara bergiliran pada waktu yang telah ditetapkan.

Hingga  di akhir 2020 covid-19 tidak kunjung hilang, berbagai aspek pencegahan telah dilakukan, berbagai cara telah di berlakukan semua kegiatan di berhentikan semua pertemuan di batalkan, rencana liburan ditiadakan semua hal yang beresiko tinggi dapat  menularkan virus dengan cepat terpaksa dihentikan. Hal ini agar covid tidak kembali menyebar dan menambah korban. Akibat covid-19 semua orang mengalami kehidupan yang berubah secara drastis namun disisi adanya covid terdapat 2 hal yaitu dampak postif dan dampak negatif dampak postifnya adalah masyarakat bertingkah dan berpola hidup sehat sedangkan dampak negatifnya adalah kesulitan dalam perekonomian kian hari kian meningkat. Menurut narasumber yang saya wawancarai dia berkata “Covid-19 memberi dampak ekonomi merosot sehingga mengalami banyak kekurangan membuat kebutuhan hidup tidak tercukupi dengan baik kegiatan belajar secara daring membuat anak usia 7 tahun tidak terlalu cepat tanggap karna belajar secatara daring sangat tidak efektif dan menghambat kecerdasan anak. Sedangkan dampak positif yang kami alami membuat kami lebih dekat dengan keluarga dan membuat kita semakin bersyukur atas nikmat Allah yang telah Dia berikan kepada kami’’. Ujar Zaitun Nafsah

Virus Covid-19 merupakan tentara kecilyang diturunkan ke bumi oleh  Allah swt. Kita  tidak tau bentuknya tidak  terlihat seperti apa dan ukurannya tidak terukur sebesar dan sekecil apa, namun dia mampu membuat resah dan takut  seluruh manusia di muka bumi ini. Adanya virus covid mampu merubah pola hidup bersih dan merawat diri menjadi lebih baik anjuran menggunakan masker,mencuci tangan setiap saat setelah berpergian dan masih banyak lagi setelah covid ini muncul maka semua orang melakukan hidup berpola sehat, selain dari pada itu sebetulnya adanya wabah ini merupakan suatu teguran agar kita lebih mendekatkan diri kepada sang khaliq karna sudah jelas dalam 1 hari kita sudah melakukan cuci tangan,muka hingga kaki setiap waktu yaitu berwudhu maka dari itu wabah ini dapat membuat kita semakin dekat dengan sang khaliq jika kita mengetahuinya.

Tahun 2021 telah tiba namun wabah ini belum juga hlang di muka bumi semoga ditahun ini segala sesuatu yang terjadi di tahun 2020 menjadi lebih baik dan virus corona dapat segera pergi dari kehidupan kita semua aamiin.

AYO BERPOLA HIDUP SEHAT DAN TINGKATKAN IMTAQ KEPADA ALLAH SWT.

 

Penulis : Isna mulani atihi