Mentri Keuangan : Kontribusi Ekonomi Islam Sangat Penting dalam Pemulihan Ekonomi Negara

13 April 2021

Mentri Keuangan : Kontribusi Ekonomi Islam Sangat Penting dalam Pemulihan Ekonomi Negara

Mentri keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan pentingnya peran serta ekonomi dan keuangan syari'ah dalam pemulihan ekonomi nasional setelah dihantam pandemi covid-19.

Bendahara negara tersebut menegaskan, bahwasanya ekonomi dan keuangan syari'ah hendaknya tidak terpisah dan eksklusif. Sebab, nilai nilai yang dijunjung tinggi dalam ekonomi Islam sangat tepat dengan permasalahan yang sedang dialami Indonesia saat ini.

Dalam webinar Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) pada enam April lalu, beliau menyatakan bahwa saat ini kita harus memikirkan bagaimana kontribusi Ekonomi keuangan syariah dalam pemulihan ekonomi negara.
"Dalam konteks pemahaman ini, sekarang kita berpikir bagaimana kontribusi ekonomi keuangan syariah dalam pemulihan ekonomi kita. Kita memahami dari sisi nilai ekonomi syariah, bagaiman value menjadi landasan  behaviour dari umat Islam," Ujar Bendahara negara dalam webinar IAEI.

Selanjutnya, beliau juga mengatakan bahwa asas dan nilai yang ditekankan dalam ekonomi keuangan syariah sangat tepat jika disandingkan dengan masalah middle income trap hingga pengentasan kemiskinan.

Untuk itu, beliau mengajak ekonom muslim untuk membuat kajian besar dan mencari cara bagaimana Ekonomi Islam dapat berperan aktif. Sehingga, Indonesia akan kata dengan pemikiran. Relevansi dari Ekonomi Islam yang sifatnya inklusif dan memberikan solusi dapat dirasakan betul, dilihat betul serta dibuktikan.