Dear Ukhti: Teladanilah Aisyah RA

Dear Ukhti: Teladanilah Aisyah RA

Beberapa hari yang lalu ketika Sabyan meng-upload  "Aisyah Istri Rasulullah",  lagu ini telah ditonton 5,2 juta kali. Saya belum melihat yang teranyar, sudah berapa orang yang telah menontonnya.

Lagu ini meledak dan menjadi trending, persis ketika Sabyan yang dikenal sebagai pelantun lagu-lagu religi mengunggah di Youtube dengan versinya sendiri.

Hingga hari ini, banyak orang menyanyikan lagu ini dalam versi yang berbeda-beda. Para ibu-ibu, ukhti-ukhti bahkan bapak-bapak pun kecanduan mendengarnya. Mereka pun ikut menyanyikan berulang-ulang. 

Lagu ini memang mengampanyekan secara eksplisit betapa Rasulullah adalah sosok romantis dalam lirik-liriknya: minum di bekas bibir Aisyah, bermanja mencubit hidung Aisyah, hingga berbaring di jilbab Aisyah sambil diikat rambut olehnya. 

Di kala sebagian besar orang tengah memilih tinggal di rumah dan sedang dirundung khawatir atas serangan virus corona, lagu "Aisyah Istri Rasulullah" seakan menjadi teman pelipur lara. Melaluinya orang bisa bersenandung sejenak melepas rasa panik. Dengannya pula sebagian ibu dan ukhti-ukhti yang gemar menonton drakorpun akhirnya bisa membayangkan sebuah keluarga idaman ala Rasulullah SAW.  

Masya Allah… betapa banyak ukhti yang refleks berdoa “Sisain satu yang kayak gini ya Allah” ketika mendengar lagu ini. Gimana enggak, kepribadian Rasulullah memang mampu mengalahkan romantisme oppa-oppa drakor yang memang fiktif. Ibarat kata, sama-sama halu tak bisa dimiliki, tapi yang ini versi syariah.

Tetapi, ketika saya ikut menyimak baik-baik lagu ini, terasa ada yang hilang dari sosok Aisyah RA. Saya mencari sosok Aisyah yang cerdas, tangguh, dan tabah, tetapi tidak menjumpainya dalam lagu itu. Sosok Aisyah digambarkan melingkar-lingkar hanya sebagai perempuan cantik, romantis, dan manja.

Sebagai istri Rasulullah yang paham betul sisik melik baginda Nabi, Aisyah banyak mengetahui kebiasaan, perbuatan, amalan dan sifat Rasulullah. Karena itu Aisyah adalah salah satu di antara orang yang paling banyak meriwayatkan hadis.

Dear Ukhti, kalau mau belajar kepribadian Aisyah ra, jangan hanya lihat aspek rumah tangganya saja, perhatikan juga aspek lain. Ia adalah perempuan cerdas yang menguasai banyak bidang ilmu, menghafal ribuan hadis. Kamu, berapa buku yang sudah dibaca? Aisyah adalah Ummul Mukminin yang pernah melakukan konsolidasi besar, memimpin perang jamal menuntut keadilan. Kamu? sudahkah perang melawan rasa malas, rasa jenuh, dan rasa-rasa yang menghambatmu untuk maju? Lalu modal kamu jadi Aisyah apa? Rebahan?!