Anwar Aziz Maju Sebagai Kandidat Ketua Umum PB PMII 2020-2022

Anwar Aziz Maju Sebagai Kandidat Ketua Umum PB PMII 2020-2022

Jelang kongres XX pengurus besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) yang akan digelar di kota Balikpapan mendatang.

Anwar Aziz atau yang kerap disapa aziz merupakan pria kelahiran Cilacap 28 tahun lalu. Anwar Aziz yang pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Purwokerto ada periode 2014 – 2015 lalu, merupakan salah satu kandidat ketua umum PB PMII 2020-2022.

Pria kelahiran cilacap itu alumnus Institut Agama Islam Purwokero (IAIN Purwokerto) sebagai tempatnya mengenyam pendidikan perguruan tinggi. Aziz tumbuh sebagai pemuda harapan bangsa. Hal in dibuktikan dengan pendidikannya selama diperkuliahan. Aziz bukanlah sosok mahasiswa yang hanya memanfaatkan pertemuan tatap muka antara dosen dengan mahasiswa. Ia merupakan mahasiswa yang haus akan berbagai macam ilmu.  Terbukti saat aziz memilih untuk menjadi mahasiswa sekaligus aktivis pada saat itu. 

Selama berkuliah di IAIN Purwokerto pada 2010 – 2015, Aziz memilih untuk berkecimpung pada salah satu organisasi non formal, yaitu Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau yang biasa dikenal dengan nama PMII. 

Menurutnya Aziz memilih PMII karna, PMII merupakan sebuah organisasi pengkaderan berideologi Ahlusssunnah wal Jama’ah yang lahir karena menjadi suatu kebutuhan dalam menjawab tantangan zaman. 

Selama menjadi bagian dari PMII, Aziz diketahui merupakan seorang kader yang mengikuti seluruh pengkaderan formal organisasi tersebut.  Diketahui pula bahwa Aziz telah menyelesaikan Pelatihan Kader Nasional PB PMII pada tahun 2016, yang mana sebelum menuju tingkat pengkaderan ini Aziz harus lebih dahulu melewati Pelatihan Kader Dasar (PKD) dan Pelatihan Kader Lanjut (PKL). 

Setelah menyelesaikan pendidikan strata 1 nya, ternyata Aziz masih belum puas dengan pencapainnya, hingga akhirnya Putra Cilacap ini berhijrah ke Jakarta dan melanjutkan pendidikan strata duanya di Universita Paramadina Jakarta. Dan sekaligus mengabdi di PB PMII.

Selain pendidikan formal yang telah diterangkan di atas, Anwar Aziz juga sempat mengenyam pendidikan non formal di salah satu pondok pesantren yang ada di Purwokerto, yaitu Ponpes Al Amin Purwokerto. Pendidikan formal lainnya adalah : Pelatihan Agitasi Propaganda, PKM DIKPOL, Pelatihan Analisis Sosial dan Pelatihan Analisis Anggaran.

Berkat pengalaman pendidikannya serta keuletannya menekuni ilmu yang didapat, dari tahun 2017 Anwar Aziz mengabdi Majelis Ulama Indonesia (MUI), lalu pada tahun 2018 Anwar Aziz bergabung dengan ISO 9001 ; 2015.