5 Cara Mengurangi Kecemasan Terhadap Wabah Covid-19

5 Cara Mengurangi Kecemasan Terhadap Wabah Covid-19

Setelah menjangkit ribuan orang dan menewaskan 80 orang di China (data per 27/1), virus corona saat menjadi ketakutan nomor satu seluruh penduduk bumi. Kepanikan ini makin menjadi ketika ditambah video-video ngaco yang beredar di internet.

Virus corona baru yang resminya bernama 2019-novel coronavirus (nCoV 2019) ini dicurigai cepat bermutasi, membuat otoritas China melakukan penanganan secara total dan mencegah seminimal mungkin orang tertular.

Sementara banyak sekali orang sedang panik karena epidemi ini, sejumlah hoaks nggak bertanggung jawab tersebar di media sosial. Gobloknya, kok pada percaya sebelum cek fakta dan kebenarannya. Netizen rebahan yang cuma scrolling medsos harus mulai scroll media secara komprehensif.

Masa mengisolasi diri di rumah memang membosankan. Tapi, Anda bisa mengalihkan pikiran, kebosanan dan kekhawatiran tentang virus corona Covid-19 dengan 5 cara di bawah ini :

Batasi Waktu Untuk Melihat Berita Tentang Covid-19

Terlalu sering melihat info COVID-19 malah akan menimBerlebihanuanmu
as berlebih. Mulai sekarang, kamu bisa memilih berita dari sumber yang terpercaya. Dala, sehari, cukup luangkan waktu satu jam untuk mengetahui perkembangan info seputar COVID-19.

Hindari Pembelian Barang Secara Berlebihan

Di tengah wabah COVID-19, panic buying terjadi di masyarakat terutama terhadap masker, hand santizer, dan barang lain yang dipercaya dapat mencegah penularan virus. Engga masalah jika kamu ingin membeli barang tersebut, namun jangan berlebihan, agar uang yang kamu miliki bisa untuk kebutuhan yang lainnya.

Tetap Menjaga Komunikasi Walupun Dari Rumah

Walaupun sedang menerapkan social distancing dengan cara #dirumahaja, kamu masih bisa bersosialisasi dengan orang lain. Kamu bisa menelpon atau video call dengan keluarga atau teman sehingga nggak ada batasan tetap menajalin komunikasi.

Luangkan Waktu Untuk Belajar Dan Meningkatkan Skill

Berada dirumah bukan berarti kamu bisa rebahan sepanjang hari dan malah semakin cemas memikirkan COVID-19. Ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk melakukan hal yang bermanfaat. Salah satunya cara kamu bisa belajar di luar kampus yang menyediakan banyak kelas online untuk meningkatkan skillmu. Atau menulis dengan berbagai rubrik yang disediakan di bolongopi.com.

Membaca Buku, Untuk Menambah Pengetahuanmu

Membaca buku dapat membantu mengatasi kecemasan dan ketakutan. Hanya dengan membuka buku, kamu membiarkan otak masuk ke dunia sastra yang akan membantu mengalihkan perhatian dari stres, ketakutan, dan kecemasan. Kamu juga bisa baca buku-buku riang karena akan membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda.